PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Nur Indah Kurniawati, Nazaruddin Wahab, Riyanto M Taruna

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of using media realia on students mathematic learning results. The method used in this research was quasi-experimental. This research was applied toward 71 students of Tri Sukses Elementary School. The researcher used multiple choice questions for data collecting technique. Simple Linear Regression was also used in testing te hypothesis. The results of the data analysis concluded that there was an effect of using media realia on students mathematic learning results of the third grade of Tri Sukses Elementary School in Natar Regency of South Lampung District Academic Year of 2014/2015. The teachers are suggested to used media realia in teaching mathematics in third grade students of Tri Sukses Elementary School.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode yang digunakan eksperimen semu. Penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD Tri Sukses Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Para guru dianjurkan menggunakan media realia dalam pembelajaran matematika siswa kelas III SD Tri Sukses.

Kata kunci: hasil belajar matematika, media realia, pengaruh.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.

Fatmawati, Nia. 2011. Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IA SD Negeri 12 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2010/2011. Unila. Bandar Lampung

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.