MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Abstract
This research caused by the low study result of fourth grade Elementary School in Tulung Balak, East Lampung which was known from the results of observation. The aims of research were to increase the study result of students byapplication of AIR learning models. The research method is Classroom Action Research that is carried out in three cycles, each cycle consist of planning, acting, observing, and reflecting step. The instrument of data collection used observation sheets and test questions. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of study stated that the learning process using the AIR learning models can increase the learning result.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 02 Tulung Balak Lampung Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran AIR. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa menggunakan model pembelajaran AIR dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : AIR (auditory intellectually repetition), hasil belajar, kualitatif, kuantitatif.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima
Humaira, Herlina. 2012. Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII Siswa MTsN 2 Bukit Tinggi. (Online). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/455/255 diakses Senin, 28 Januari 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta : Ar-ruzz media
Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.