PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Sandi Eka Putra, Supriyadi Supriyadi, Rapani Rapani

Abstract

This research caused by the low study result of fourth grade public Elementary Schools Bumi Jawa, East Lampung which is known from observation, interviews, and documentation. The aims of research were to increase the study result of students by application of project based learning model with graphic media. The research method is Classroom Action Research which is carried out in three cycles, each cycle consisting of planning, acting, observing, and reflecting step. The instrument of data collection used observation sheets and test questions. Technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of study stated that application of project based learning model with graphic media can increase the learning result.

Penelitian ini dilator belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Bumi Jawa Lampung Timur yang diketahui dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media grafis. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal-soal tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Dengan demikian proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, media grafis, pembelajaran berbasis proyek.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Ngalimun. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.

Nurhayati, lilik. 2010. Penerapan Model Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII E MTsN Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010.(online) www.fkip.untag-banyuwangi.ac.id diakses Rabu, 12 Februari 2014.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

UU No. 20 Tahun 2003.2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta

Wardhani, IGAK.dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Unversitas Terbuka

Keywords: graphic media, project based learning, study result.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.