PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION

Hardiana Armi Rahayu, Alben Ambarita, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of this research were to increase the activities and study result of student by cooperative learning tipe group investigation. The method of the research was Classroom Action Research. The instrument of data collection used observation sheet and test. Technique of data analysis used  qualitative and quantitative analysis. The result showed that the student activities in cycle I “Moderately Active” to be “Active” in cycle II. Percentage of the study result in cycle I  86,11% to be 100% in cycle II.

 

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe group investigation. Metode penelitian ini adalah Tindakan Kelas. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas siswa siklus I “Cukup Aktif” menjadi “Aktif” pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 86,11%, menjadi 100% di siklus II.

 

Kata kunci: aktivitas siswa, cooperative learning tipe group investigation, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darusman. 2008. Penggunaan Media Belajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni, 2011. Pembelajaran Kooperatif mencerdaskan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Grafindo Persada.Jakarta.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peran Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2003. UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.