PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
The purpose of this research was to determine the effect of cooperative learning model Number Head Together to the results of students' mathematics learning. This research used pretest-posttest non-equivalent control group design. The samples of the research were students of class VA and VB which selected from highgrade classes population by purposive sampling. The data used in this research was quantitative data in form pretest-posttest value data which converted into gain scores.The result of the research and data analysis N-Gain shows the average N-gain of the class which used cooperative learning model Number Head Together higher than the average N-gain of the class which used a conventional learning model. It can be concluded that the learning model Number Head Together (NHT) positive effect of increasing mathematics learning result of students of SD Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran kooperatif tipe Number Head Together(NHT) terhadap hasilbelajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttestnon-equivalen control group design.Sampel penelitian adalah siswa kelas VA dan VB yang dipilih dari populasi kelas tinggi yang terdiri dari enam kelas secara purposive sampling.Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilaipretest-posttest yang diubah ke dalam bentuk skor gain. Hasil penelitian dan analisis data N-Gain menunjukkan rata-rataN-gain kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together lebih tinggi dari rata-rataN-gain kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT) berpengaruh positif terhadap peningkatan hasilbelajar matematika siswa SD Negeri 2 Kampung Baru Bandarlampung.
Kata kunci: hasil belajar matematika, model konvensional, model pembelajaran NHT.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antara. 2013. Skor PISA Jeblok, Kemdikbud Janji Tidak Tinggal Diam. [Online] http://www.Suarapembaruan.com/home/skor-pisajeblok-kemdikbud-janji-tidak tinggal-diam/46053. Diakses pada 5 Januari 2014.
Joyce, Bruce, &Marsha Weil. 2009. Models Of Teaching (Edisi Kedelapan). Yogya-karta: Pustaka Pelajar
Jihad, A., & A. Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Muslimin. 2010. Numbered Head Together. [Online] http//www.eazhul. org.uk/nk/numbered_heads.html. Diakses pada 03 Maret 2013
Riyanti. 2012. Pembelajaran Konvensional. [Online] http://sin-riyanti. blogspot.com/2012/10/pembelajaran-konvensional_5536. html. Diakses pada 8 Mei 2014.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.