PENERAPAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ni Komang Megasari, Sarengat Sarengat, Muncarno Muncarno

Abstract

The aims of research are to improve motivation and study result of student. The method of research was classroom action research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection were formative test and observation sheet. The technique of data analysis used qualitative analysis and quantitative analysis. Implementation of group investigation type can improve motivation and study result of student.

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah tes formatif dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penerapan tipe group investigation dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: group investigation, hasil belajar, motivasi.

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta Bentari Buana Murni.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Kemendikbud.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wardhani, igak. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.