NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Indah Fitriani, Sarengat Sarengat, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of this research are to increase motivation and the learning result of four grade students at state junior high school Metro Pusat. The kind of this research is Classroom Action Research with planning, acting, observing, and reflecting step. Collecting the data use observation sheet to the motivation, and worksheet to the learning result. The motivation data is analyzed with qualitative analyzes, the learning result data is analyzed with quantitative analyzes. The result of the research showed that the implementation of Numbered Heads Together can increase motivation and the learning result. This case can be seen from the score of the motivation and the learning result given categories “good”.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan Numbered Heads Together kelas IV A SD Negeri 6 Metro Pusat Kota Metro. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk motivasi belajar, dan lembar tes untuk hasil belajar. Data motivasi belajar dianalisis dengan analisis kualitatif, data hasil belajar dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai motivasi belajar dan hasil belajar menunjukkan kategori “baik”.

 Kata kunci: hasil belajar, motivasi, numbered heads together

References

Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Marlina, Reni. 2013. Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 2 Langkapura Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tim Penyusun. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Mendikbud

Mulyasa.2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, Igak. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: Rosda.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.