STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Renny Ambar Astika, Asmaul Khair, Siti Rachmah Sofiani

Abstract

The aims of this research were to increase the motivations and study result of students by implementation of index card match strategy. The method of research was Classroom Action Research (CAR) with planning, acting, observing, and reflecting step. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative technique. The result of the research showed that implementation of index card match strategy increase the motivations and study result of students.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi index card match. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi index card match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi, strategi index card match.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis). Jakarta: PT Rineka Cipta

Eggen, Paul & Don Kauchak, (Diterjemahkan oleh Satrio Wahono). 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. Jakarta: PT Indeks

Kresnanto, Deddy. 2012. Metode Pembelajaran Index Card Match. (Online). Tersedia http://nongkrongplus.wordpress.com/2012/03/15/metode-pembelajaran-index-card-match/. (Diakses Selasa, 4 Februari 2014 @ 15.00)

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai Contoh. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Permendikbud Nomor 67. 2013.Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, Hisyam, Bermawy Monthe & Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.