Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Youtube

Yoga Fernando Rizqi, Loliyana Loliyana, Rapani Rapani, Devika Aulia, Hariyanto Hariyanto

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di MI AL-KHAIRIYA Sinar Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V MI. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan bentuk yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 120 orang dan sampel yang digunakan yaitu 80 peserta didik kelas VA dan VC, sampel ditentukan dengan teknik sampling non problity sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan perbedaan dari model pembelajaran problem based learning berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis.

References

Izzaty, R. E. (2006). Problem Based Learning Dalam Perguruan Tinggi. Paradigma. https://eprints.uny.ac.id/4983/1/Problem_Based_Learning.pdf

Septiani, D. A., Irmayani, I., & Muksin, Y. D. (2021). Penerapan Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Youtube Terintegrasi 5M untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X pada Materi Ajar Ekosistem di SMAN 1 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 1–5.

Srinivasacharlu, A. (2020). Using Youtube in Colleges of Education. Shanlax International Journal of Education, 8(2), 21–24.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Jakarta: Alfabeta.

Sunita. (2016). Pengaruh Penerapan Model Problem based learning Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. 1–23.

Suryani, H. dan S. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1

Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.