Analisis Komponen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Studi Khasus Di SD X Kota Batusangkar

Miftahul Janah, Safrizal Safrizal, Zulhendri Zulhendri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar di SDX Kota Batusangkar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus, subjek,. Dalam penelitian ini peneliti mengambil subjek yaitu kelas I dan IV. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data yang menggunakan yaitu reduksi data ,display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa komponen pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar yaitu modul ajar, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan media pembelajaran. 

References

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). EFEKTIFITAS DAN PERAN DARI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, 17(1), 40–50.

Bimrew Sendekie Belay. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. הארץ, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 99–110. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/42

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 37.

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360

Mahlianurrahman, M., & Aprilia, R. (2022). Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Anugerah, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.31629/anugerah.v4i1.4283

Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nazri, E. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. 4(1), 1289–1298.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Safrizal, S., Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.

Untari, E. (2017). Problematika Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.