Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V SD Negeri se-Gugus Diponegoro Kecamatan Metro Selatan
Abstract
This study aims to determine a significant relationship between the habit of playing online games and learning motivation with thematic learning outcomes. Based on the analysis conducted, the research results can be concluded that there is a positive and significant relationship between the habit of playing online games with the thematic learning outcomes of students, indicated by the correlation coefficient being at the "Strong" level, there is a positive and significant relationship between learning motivation with the students' thematic learning outcomes indicated by the correlation coefficient being at the "strong" level, there is a positive and significant relationship between the habit of playing online games with learning motivation with the correlation coefficient being at the "strong enough" level, there is a positive and significant relationship between habits playing online games and learning motivation with thematic learning outcomes of students shown by the correlation coefficient is at the level of "Strong".
Keywords: playing online games, motivation
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan bermain game online dan motivasi belajar dengan hasil belajar tematik. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan bermain game online dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi berada pada taraf “Kuat”, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi berada pada taraf “Kuat”, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar dengan koefisien korelasi berada pada taraf “cukup kuat”, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan bermain game online dan motivasi belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik ditunjukan dengan koefisien korelasi berada pada taraf “Kuat”.
Kata kunci: bermain game online, motivasi
Full Text:
PDFReferences
Abidin. 2014. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MI Taman Bakti Bogor. (Skripsi). UIN Jakarta, Jakarta.
Astuti, dkk. 2021. Kebiasaan bermain Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa. UNM. Makassar.
Dalyono. 2010. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Dewi, Nety Afriana. 2018. Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online Di Rumah Dengan Sikap Disiplin Siswa Di Sekolah. (Skripsi). Universitas Lampung. Lampung.
Hasan. 2011. multiplayer online game. PT Gramedia: Bandung.
Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-nilai Spiritualis dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Rollings, Andrew dan Ernest Adams. 2011. Game Design. New Riders.
London Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers, Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Kencana. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.