MODEL QUANTUM TEACHING DAN SEQIP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Muhammad Khoirul Huda, Sowiyah Sowiyah, Muncarno Muncarno

Abstract

This research was aimed to increase the activities and study result of student through Quantum Teaching model and SEQIP. This research was Classroom Action Research (CAR) which was done in two (2) cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. Data collecting technique was gained through non-test and test technique by using observation sheet to know the teacher performance and mastering the students’ activities and question test in order to find out the study result of students. It can be seen from the mastering the science process skill in cycle I which was in the moderate category, increased to high category in cycle II. The percentage of the minimum score of the student’s study result in cycle I 43.75% % increased 40.63% to 84,37% in the end of cycle II.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model quantum teaching dan SEQIP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kinerja guru dan aktivitas siswa serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari penguasaan aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 43,75% meningkat 17,85% menjadi 84,37% pada akhir siklus II.

Kata kunci : aktivitas, hasil, quantum teaching, SEQIP.

References

Budiningsih, Asri. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Rieneke Cipta. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Buku Ilmu Pengetahuan Alam Guru Kelas 5. Depdiknas. Jakarta.

De Porter Bobbi, dkk. 2005. Quantum Teaching, Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa. Bandung.

Hernawan, Asep Herry, dkk. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta

Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. PT. Remaja Rasdakarsa. Bandung.

Nurjhani, Mimin. 2010. Penggunaan quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD kelas IV Sukajadi. UPI. Bandung.

Sunandar, Shodik. 2012. Kelebihan dan Kekurangan Model Quantum Teaching. http://may-sa.blogspot.com/2012/05/hakikat-quantum-teaching.html. Diakses pada Minggu, 25/11/12 @ 20.35 WIB

WS, Winkel. 2009. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT. Gramedia. Jakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.