Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Gisting Permai

Mentari Dian Triskarini

Abstract

The problem of this research was the low learning outcomes of fourth grade student of SDN 2 Gisting Permai. The aim of this research were to know positive and significant influence in the implementation of the cooperative learning model of make a match type with audio visual media towards the learning outcomes of  student. The type of research was experimental research. The design was non equivalent control group design. The population of this research were 54 students. The sample used saturated sampling. The data was gained through observation, interview, documentation, and test. The result showed that there were a positive and significant influences in the implementation of  cooperative learning of make a match type with audio visual media towards the learning outcomes of students,it was showed through hypothesis testing by using independent sample t-test that the data obtained was tcount = 2,270 > ttable =2,000.

Keywords: audio visual, learning outcomes, make a match.

Masalah penelitian yaitu rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 2 Gisting Permai. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 54 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test yaitu diperoleh data sebesar thitung = 2,270 > ttabel = 2,000.

Kata Kunci: audio visual, hasil belajar, make a match.

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Yrama Widya, Bandung.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Dirman dan Cicih Juarsih. 2014. Pengembangan Kurikulum dalam Rangka Implementasi Standar Proses. Rineka Cipta, Jakarta.

Fatimah, Iis Daniati. 2017. Penerapan Model Make A Match dengan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2: 28-37.

Gading, I Ketut & Kharisma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Journal of Education. 1: 153-160.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, teknik, Struktur, dan Model Terapan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti.2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.

Muncarno. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Hamim Group, Metro.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas RI, Jakarta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

____ 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Trisnuari. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN Teluk Jolo 1 Kecamatan Sumber Barito Kabupaten Murung Raya. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). 2: 1146-1157.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.