Implementasi Kurikulum SDIT Permata Bunda I Kota Bandar Lampung

Rofi Fauzia Jihadi, Riswanti Rini, Ujang Efendi

Abstract

This study aims to describe the implementation of the curriculum that covers 4 aspects of standards of education, looking at curriculum management. The focus of this research is descriptive implementation of the curriculum, with sub focus: (1). SIT Curriculum Planning, (2). Organizing the SIT Curriculum, (3). SIT Curriculum Implementation, and (4). SIT Curriculum Oversight. The result of sub-focus 1 is that SIT curriculum planning has been carried out to support the existing curriculum and the standards set by the department, with complete internalization of Islamic education values in every curriculum planning made, the results of sub-focus 2 organizing the SIT curriculum are carried out with guidelines supporters, structured planning management, and organizational systems, the results of sub-focus 3 implementation of the curriculum implemented seen from the readiness of the implementers, the results of sub-focus 4 is the supervision of the curriculum viewed with clear standards of assessment.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum yang mencakup 4 aspek standar pendidikan, melihat dari manajemen kurikulum. Fokus penelitian ini ialah deskriptif implementasi kurikulum dengan sub fokus: (1). Perencanaan Kurikulum SIT, (2). Pengorganisasian Kurikulum SIT, (3). Pelaksanaan Kurikulum SIT, dan (4). Pengawasan Kurikulum SIT. Hasil dari sub fokus 1 ialah perencanaan kurikulum SIT  sudah terlaksana mendukung kurikulum yang ada dan standar yang sudah ditetapkan oleh dinas, dengan kelengkapan internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam disetiap perencanaan kurikulum yang dibuat, hasil dari sub fokus 2 pengorganisasian kurikulum SIT terlaksana dengan pedoman-pedoman pendukung, pengelolaan perencanaan terstruktur, dan organisasi sistem, hasil dari sub fokus 3 pelaksanaan kurikulum terlaksana dilihat dari kesiapan pelaksana, hasil dari sub fokus 4 ialah pengawasan kurikulum dilihat dengan standar jelas penilaian.

 

Kata kunci: kurikulum JSIT, sekolah terpadu.

References

Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Cet. I. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Emawati. (2019). Implementatiom Of School Innovation In The Disruption Era In SDIT Anak Sholeh Mataram Lombok. JPI (www.ijp.com): Volume 8, hal. 46. Nomor 1, June 2019/1440.

Fadhillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Fadillah, et al. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Wiraswasta Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Jurnal (www.jurnalAt-Tazakki.co.id): Vol. 2, No 1 Februari 2018.

Fachruddin. (2010). Manajemen Pemberdayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia, dalam Mardianto (Ed),Adminstrasi Pendidikan: Menata Pendidikan untuk Kependidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Hidayati, I. F., et al. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Jurnal IJCETS: Vol.4, No.1. April 2016.

Ibrahim, A. (2016). The Effect Of Instructional Video Drama On Students’ Perceptions On The Observance Of Islamic Ethics: An Experimental Approach. Jurnal IJERN (www.ijern.com ):Vol. 4, hal. 60. No. 10 Oktober 2016.

JSIT Indonesia. (2014). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu.tanpa nama penerbit: Jakarta.

Kemendikbud. 2003. UU RI Nomor 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta.

Mulyasa. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal www.Idaarah.com , 10 November Vol.1, hal. 329. No. 2

Nasution, S. (2008). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. (2012). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ratnasari, D. (2019). Sheikh Mahfudz at-Tarmasi’s Thought on Islamic Education. Dayah Jurnal Pendidikan Islam (www.dayahjurnal.com) : Vol. 8, hal. 96. Nomor 1, Juni 2019/1440.

Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum, Seri II. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarata.

Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana: Jakarta.

Sukmadinata, S., N. (2000). Pengembangan Kurikulum: Teori dan praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, S. N. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyosari, P. (2001). Rancangan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Malang: Elang Mas.

Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Bandung: Dinamika Ilmu.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tirtaraharja, U dan La Sulo, S. L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan indonesia. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Pegembangan MKPD Kurikulum Pengembangan. (2016). Kurikulum dan Pengembangan. Jakarta: Rajawali Pers: Jakarta.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara: Jakarta.

Winataputra, U., S. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa melalui Pendidikan Karakter Konsep, Kebijakan, dan Kerangka Programatik. Jakarta: Kementerian Koordinator Kesejahteraan RI.

Zainal, A. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.