PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK

Sharah Kusuma Wardani, Darsono Darsono, Maman Surahman

Abstract

The problem in this study is the thematic learning outcomes of students are still low in grade IV SD Negeri 1 Teluk Pandan. The purposes of this study was to determine the effect of using problem based learning models on students thematic learning outcomes. The research method used was quasi-experimental (quasi-experimental) with a post-test only control group design. The population of this study was all students of grade IV SD Negeri Teluk Pandan, samples were taken using purposive sampling technique based on the lowest learning focus value. Data collection technique using tests and observations. Data analysis techniques using simple linear regression test and t test. The result of this study indicate that there is a significant and positive influence on the us of problem based learning models on the thematic learning outcomes of students.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar tematik peserta didik masih rendah pada kelas IV SD Negeri 1 Teluk Pandan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimn semu (quasi eksperimen) dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh pesert didik kelas IV SD Negri 1 Teluk Pandan, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai fokus pembelajaran terndah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regrasi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dan positif dari penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik.

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. (2014). Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fitriyawany. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol 12, No 2, 233-249.

Ngatiatun, S. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal cerita. Jurnal Didaktika Dwija Indria.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, R., A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. (2013). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. (2013). Permendikbud. Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses pada Implementasi Kurikulum 2013.

Trianto. (2009). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.