STUDI KASUS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013
Abstract
This study aims to describe the leadership of the principal in implementing the 2013 curriculum at SDN 2 Pringsewu Selatan. The research method was a qualitative approach with a case study design. Data collection techniques were interviews, observation, and documentation. Sources of research data are the principal, vice principal, educators. Data Analysis Techniques were data collection; Data reduction; Presentation of data; The process of drawing conclusions. The results of the 2013 curriculum implementation research were done by preparing plans, implementation and evaluation in implementing the 2013 curriculum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 Di SDN 2 Pringsewu Selatan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pendidik Teknik Analisa data yaitu Pengumpulan data; Reduksi data; Penyajian data; Proses penarik kesimpulan. Hasil penelitian pengimplementasian kurikulum 2013 dengan menyusun rencana, pelakasanaan dan evaluasi dalam pengimplementasian kurikulum 2013.
Kata Kunci: implementasi, kepala sekolah, kurikulum 2013.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Manullang, M. 2006. Strategi Pelaksanaan Program Pembelajaran. Medan: Galia Indonesia.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Professional. Bandung: PT. Rosdakarya.
Soekanto, S. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan. Bandung: R & D). Alfaberta.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.