Hubungan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta didik

Rizka Zahra Aprilia, Alben Ambarita, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of this research was to determine a positive and significant relationship between study habit and school environment with the learning outcomes at fourth grade students of SDN Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Type of this research was an ex-postpacto correlation. Techniques of collecting data were observation, questionnaraire, and documentation study. Data analysis used product moment correlation and multiple correlation. The result of the research showed that there were a positive and significant between study habit and school with the learning outcomes at fourth grade students of SDN Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo shown by theĀ correlation coefficient of 0.707 considered as strong criteria.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple Correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo ditunjukan dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,707 yang berada pada kriteria kuat.

Kata kunci: hasil belajar, kebiasan belajar, lingkungan sekolah

References

Abidin, Zaenal. 2017. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V. Joyful Learning Journal UNNES. Vol. 6, No. 3. 1-9.

Amryansyah, Ferdy. 2013. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Geografi Universitas Lambung Mangkurat. Vol. 1, No.6. 1-10.

Hanifah, Yuni Umu. 2013. Pengaruh Kesulitan Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. E-Prints UMS. Vol 6, No. 3. 1-13.

Hidayati, Anisah. 2016. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV Se-Gugus II Piyungan. Open Journal Sistem Universitas Atma Jaya. Vol. 31, No. 5. 2895-2906.

Kadir, Abdul dkk. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Martina. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Agama Islam. Jurnal PAI Raden Fatah. Vol. 1, No. 2. 164-180.

Menrisal. 2014. Kontribusi Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Sistem Operasi Peserta didik. Jurnal KomTekInfo Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Vol. 1, No. 2. 77-83.

Nurrochmah, Agustin. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 13, No. 5. 1224-1232.

Purnama, Dian. 2016. Hubungan antara Lingkungan Sekolah dengan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD Negeri Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. (Skripsi). Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Renowati, Fitri. 2017. Hubungan Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Joyful Learning Journal UNNES. Vol. 6, No.3. 197-205.

Saputra, Alfredo. 2016. Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SD Se-kecamatan Tampan. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 4, No.2. 1-13.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.