Pengaruh Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe everyone is a teacher here terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 3 Langkapura tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: everyone is a teacher here, hasil belajar, model pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2015. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Saefuddin dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Silberman, Melvin L. 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wittig, Arno F., Psychology Of Learning, (Amerika : McGraww-Hill, 1981)
Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Refbacks
- There are currently no refbacks.