Hubungan Minat Belajar, Persepsi Peserta Didik tentang Lingkungan Belajar di Sekolah, Hasil Belajar

Helena Dona Larasati, Rapani Rapani, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this study to analyze and determine the relationship that was significant and positive learning interest and students' perceptions of the learning environment in schools with the mathematics learning outcomes of high-class students of SD Negeri 1 Rejoagung. This study uses the ex-postfacto correlation method. The population is 91 students was used as research samples was 48 students. Data collection techniques used was observation techniques, questionnaires and documentation. Data analysis used was product moment correlation and multiple correlation. The results of the study, there was a significant and positive relationship between learning interest and students' perceptions of the learning environment in the school together with the mathematics learning outcomes of students, with a correlation coefficient of 0.638 with a variable contribution of 40.70% at the "high" level.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang signifikan dan positif minat belajar dan persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas tinggi SD Negeri 1 Rejoagung. Penelitian ini menggunakan metode ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 91 peserta didik dijadikan sampel penelitian 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, ada hubungan yang signifikan dan positif minat belajar dan persepsi peserta didik tentang lingkungan belajar di sekolah secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika peserta didik, dengan koefisien kolerasi sebesar 0,638 dengan kontribusi variabel sebesar 40,70% berada pada taraf “tinggi”.


Kata kunci: minat, lingkungan belajar , hasil belajar.

References

Arifin, Syamsul. 2016. Hubungan antara Kondisi Lingkungan Belajar di Sekolah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Pada URL : http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/download/5177/4844.

Arlianty, Widinda. 2016. An Analysis of Interest in Students Learning of Physical Chemistry Experiment Using Scientific Approach. Vol. 1 No. 2. Halaman 109-116. Pada URL : https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/art icle/view/5130/4588.

Hamalik. 2011. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.

Karina. 2017. Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar. Pada URL :http://media.neliti.com/media/pu blications/188212-ID-hubungan-antara-minat-belajar-dengan-has.pdf.

Nainggolan. 2017. Lingkungan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar. Pada URL : http://digilib.unimed.ac.id/25504/

Putri, Arya. 2018. Korelasi antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Matematika. Vol. 2. No.

Halaman 347-355. Pada URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/16151 /9608.

Rahmantyo, Fauzar. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Dan Problem Possing terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa. Pada URL: http://eprints.ums.ac.id/36401/17 /08.%20NASKAH%20PUBLIK ASI.pdf.

Riduwan. 2014. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiharti, Sri Lestari. 2016. Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Pada URL : http://lib.unnes.ac.id/1/14015201 8.pdf.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tresnati. 2016. Hubungan antara Lingkungan Sekolah dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. Pada URL: http://lib.unnes.ac.id/24466/1/14

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.