Hubungan Pergaulan Teman Sebaya dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Iin Kurniawati, Supriyadi Supriyadi, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of this research was to analyze and to know the positive and significant correlation of peer relations with student learning result 5th class of state elementary school gugus cut nyak dien. The type of this research was the correlation research with quantitative approach. The research population was 172 students with sample was 120 students. The data collection used the techniques of observation, documentation, and questionnaire. The results of the research showed that there were the positive and significant correlation of peer relations with student learning result 5th class of state elementary school gugus cut nyak dien. This is evidenced by the correlation coefficient of 0.409 with moderate criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 172 orang peserta didik dengan sampel penelitian 120 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pergaulan teman sebaya dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Cut Nyak Dien. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi sebesar 0.409 dengan kriteria sedang.

Kata kunci: hasil belajar, pergaulan, teman sebaya.

References

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budikuncoroningsih, Sulistiyowati. 2017. Pengaruh Teman Sebaya dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas Siswa di Sekolah Dasar Gugus Sugarda. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2 hlm 85-92.

Damsar. 2012. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Faizin, et al. 2018. Hubungan Antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1 hlm 67-82.

Fajariesta, Titis. 2017. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Berkesulitan Belajar Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2b hlm 175-184.

Firdaus. 2014. Hubungan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Tindakan Merokok Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung 3 hlm 56-61.

Karwono. Mularsih, Heni. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Laksono, Elisa. 2016. Hubungan Antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Puntadewa Kota Semarang.

Majid, Abdul. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nap, Yanus. 2016. Pengaruh Relasi Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Gugus 3 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 7 Tahun Ke-5 hlm 1-8.

Prastowo, Andi. 2014. Pemeneuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI Melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No.1 hlm 1-13.

Rahayu, Septiana. 2018. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Vol. 7 No. 2 hlm 143-151.

Rahmawati, Elisa. 2015. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Konsep Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Edisi 14 Tahun ke IV hlm 1-14.

Riduwan. 2014. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, Deni. 2016. Waspadalah, 72 Persen Perilaku Remaja dipengaruhi Teman Sebaya. Jawa Tengah: jateng.tribunnews.com.

Sidiq, Imam Al Qadr. 2016. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Gajah Mada. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 3 Edisi 32 tahun ke-5 hlm 50-55.

Sidiq, Imam Al Qadr .2016. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus Gajah Mada Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen.

Surya, Hendra. 2010. Rahasia Membuat Anak Cerdas dan Manusia Unggul. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Suryanita, et al.. 2016. Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Peranan Orang Tua serta Interaksi Teman Sebaya Mata Pelajaran PKn. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 4 No. 1 hlm 1-11.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wicaksono, Okky. 2014. Hubungan Antara Pergaulan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Negeri Yogyakarta Vol. 3 Edisi 16 hlm 1-9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.