Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah quasi experiment, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, Teknik Pengunpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Way Kanan Tahun Ajaran 2018/2019
Kata kunci: hasil belajar, number head together.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akinbobola. 2006. Effect of cooperatif and competitive learning strategies on academic performance of students in phsics: J.Resersh i Educa-tion. 3(1):1-5.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustika Setia.
Hamdayama, et al. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.