Hubungan Fasilitas Belajar di Sekolah dengan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kemiling Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar di sekolah dengan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi penelitian ini peserta didik kelas V Sekolah Negeri Kecamatan Kemiling dan sampel berjumlah 151 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara persepsi peserta didik tentang fasilitas belajar di sekolah dengan motivasi belajar peserta didik. Uji analisis varians menunjukkan ada pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik.
Kata kunci: motivasi belajar, fasilitas belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Gunawan, Ary. 2011. Administrasi Sekolah : Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.
Permendiknas. 2007. No. 24 tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wahyuningrum, Kartika. 2015. Pengaruh Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Pituruh Kabupaten Purwerejo. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.