Hubungan Minat Baca dan Displin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik

Rahmat Adi Putra, Suwarjo Suwarjo, Rapani Rapani

Abstract

The purpose of this study was to determine the positive and significant relationship between reading interest and learning discipline with the theme learning outcomes of 7 students in grade V of SD Negeri 2 Sukaraja. The type of quantitative research was an ex-post facto correlation method. The technique of collecting data used a Likert scale. The data analysis using product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between reading interest and learning outcomes, and the discipline of learning with learning outcomes, as well as reading interest and learning discipline together with the learning outcomes of fifth grade students of SDN 2 Sukaraja at 0.633.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara minat baca dan disiplin belajar dengan hasil belajar tema 7 peserta didik kelas V SD Negeri 2 Sukaraja. Jenis penelitian penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat baca dengan hasil belajar, dan disiplin belajar dengan hasil belajar, serta minat baca dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Sukaraja sebesar 0,633.

Kata kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Minat Baca

References

Angraeni, Fajar. 2017. Peranan Perpustakan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SDN Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan.

Aslianda, et al. 2017. Hubungan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh. Unsyiah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 2 Nomor 1.

Marlina, Leni. 2017. Hubungan Minat Baca dengan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SD 10 Pekanbaru. Universitas Riau. Pekbis Jurnal Vol 9 No 1.

Raditya, Wahyu. 2016. Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD III Seyegen. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rachmawati, Nisa. 2014. Hubungan disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar Newgeri Sumber Jaya 04 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Universitas Gunadarma. Jurnal Pedagogik Vol II No 2.

Riduwan. 2009. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sisdiknas. 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sirtem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Solikha, Indarti. 2016. Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahsa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus Dipayuda Kecamatan Banjaernegara Kabupaten Banjar Negara. Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmanasa, Elly. 2016. Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Perlajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Pakuan. Jurnal Kreatif.

Triatma, Ilham. 2016. Minat Baca pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V Nomor 6.

Prasetyono, Dwi. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.