Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melakukan Manajemen Perubahan

Novenna BR Sebayang, Riswandi Riswandi, Sugiman Sugiman

Abstract

The research describe the leadership of headmaster in managing change at Elementary School Mawar Saron with a focus of research on 1) leadership of headmaster in planning change, 2) leadership of headmaster in organizing change, 3) leadership of headmaster in carrying out change drivers, 4) leadership of headmaster in supervising change. The method of this reseach is qualitative with a case study design. Techniques for collecting data are interviews, observation, and documentation. The research data sources are principals and educators at Elementary School Mawar Saron. The data analysis techniques, are data collection, and analyzing conclusions. The research showed that management of changes made by the principal starts from management planning changes in management organizing management of changes the management, through the management of these changes, an evalutation was carried out.


Penelitian ini berjutujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan manajemen perubahan di SD Mawar Saron, dengan fokus penelitian  1)kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan perncanaan perubahan, 2)kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan pengorganisasian perubahan, 3)kepemipinan kepala sekolah dalam melakukan penggerak perubahan, 4)kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan pengawasan perubahan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah dan pendidik di SD Mawar Saron. Tehnik analisis data yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, peroses penarik kesimpulan.


Kata Kunci:  kepemimpinan, kepala sekolah dan manajemen perubahan

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Pendidikan. Aditya. Yogykarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Dale, Timpe. 2002. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja ,cetakan kelima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kreitner, et al. 2004. Organizational Behavior Fifth Edition. McGraw Hill: New York.

Mulyasa. 2007. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudriamunawar, Haryono. 2011. Kepemimpinan Peran Serta dan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Anselm, et al. 2003. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: Rosda.

Safaria. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarbini. 2011. Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Subagioatmodiwirio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Bandung: CV. Alfabeta.

Sunyoto. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Modul Program Pasca Sarjana STIE IPWI.

Wahjohsumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajawali Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.