Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar

Eka Tri Wahyuni, Rapani Rapani, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The purpose of this study was to determine the positive and significant relationship between parenting and learning motivation with student learning outcomes. The type of research was ex-postfacto correlation. The techniques of collecting data were observation, questionnaire, and documentation study. The data collection instruments was questionnaires with likert scale, which previously tested validity and reliability. The data analysis used  product moment correlation and multiple correlation. The results of  the study showed that there was a positive and significant correlation between parenting and learning motivation with student learning outcomes by correlation coefficient of 0.640 which is considered as high.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajarpeserta didik.Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,640 yang berada pada taraf “tinggi”.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, pola asuh orang tua.

References

Besse, Permatasari. (2015). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Gaya Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MI Semakassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol 3. No 1.

Budang, Wedyawati, Fransiska. (2017). Korelasi Pola Asuh Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan. Vol 3 No 2.

Damis, Muhajis. (2018). Analisis Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidanreng Rappang Jurnal Idaarah. Vol 2 No 2. Jurnal.

Depdiknas. 2003. Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Desywidowati, Rohmad. (2013). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, Kedewasaan, Kedisiplinan Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Sidoharjo Wonogiri. Jurnal Pendidikan Vol 2. No 1.

Garliah, Fatma. (2005). Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Motivasi Berprestasi. Jurnal Psikologi Vol 1. No 1.

Gustania, Rita, Dewi. (2017). Hubungan Persepsi Pengasuhan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Sekecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling. Vol 2. No 2.

Harianti, Amin. (2016). Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vol 1. No 2.

Hedyanti, Sudarmianti. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS melalui Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol 1. No 5.

Hermawan, Susanto. (2013). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas V di SD Negeri Langkapura Gresik. Jurnal Pendidikan Vol 1. No 2

Lestari. Intan. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 02 Branti Raya. Jurnal Pendidikan Vol 1. No. 2.

Nur, Massang. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri dan Motivasi Berprestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Kota Merauke. Jurnal Matematika Vol 2. No 2.

Rostiana, Wilodati, Alia. (2014). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Anak untuk Bersekolah di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Jurnal Societas Vol 2. No. 2.

Rusmana, Nandang.2012. Dinamika Kelompok,Hand Out Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Samsiah. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Membaca Tingkat Permulaan Kelas I SD Sawah Besar Jakarta Pusat. Vol 2. No 1. Jurnal.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta, Rineka Cipta.

Sudirman Anwar. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Vol 2. No. 1.

Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ulfah, Santoso. (2016). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Vol 1. No 1.

Utamingsih, et al. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Vol 2. No 1

Widiasih. Ika. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Vol 2. No 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.