Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kreativitas Peserta Didik
Abstract
The problem of this research was the lack of creativity skills of fifth grade students at SD 1 Kedaton. The purpose of this research is to find out the effect of project based learning learning models on the creativity skills of fifth grade students at SD Negeri 1 Kedaton. The method used was pre-experimental with a one-shot case study design. The population were all of the fifth grade students at SD 1 Kedaton, the research sample were the fifth grade students at SD 1 Kedaton with a non probability sampling technique. Data collection techniques was used observation and documentation, instruments of this research was used observation sheets in the form of research rubrics. Data analysis was used a simple linear regression formula. The result of this research shows there is an effect of the project based learning model on creativity skills of fifth grade students at SD Negeri 1 Kedaton in academic year 2018/2019.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Kedaton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learningterhadap keterampilan kreativitas peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kedaton. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desainone-shot case study.Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kedaton dan sampel penelitianadalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kedaton dengan teknik pengambilan sampling non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa rubrik penelitian. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Penelitian inimenyimpulkan bahwa adapengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan kreativitas peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kedaton tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: keterampilan kreativitas, pengaruh, poject based learning.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TK). Jakarta: Prenadamedia Group.
Huriah, Titih. 2018. Metode Student Center Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.
Indriajati dan Ngazizah. 2018. Universitas Muhammadiyah Purwokerto dalam jurnal yang berjudul pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan pemahaman siswa SD Muhammadiyah purwokerto. Jurnal.
Lindawati, et al. 2013. Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam jurnalnya yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Man I Kebumen.
Mulyasa, et al. 2017. Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pradita, et al. 2015. Universitas Sebelas Maret dalam jurnalnya yang berjudul Penerapan model pembelajaran Project based learning untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa pada materi pokok sistem koloid kelas xi ipa semester genap madrasah aliyah negeri klaten Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal.
Purwanto. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Rachmawati dan Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak-anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Sahtoni, et al. 2018.Universitas Lampug. Implementation of student’s worksheet based on project based learning (PjBL) to poster student’s creativity. Internasional Journal of science and applied science vol. 2 no.1, 329-337. Jurnal.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yani dan Rahmat. 2018. Teori dan Implementasi Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.