Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Peserta

Ayu Puji Lestari, Muncarno Muncarno, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of the research was to find out the positive and significant effects of the cooperative script model to learning result. The type of this research was experimental research. The research design used non-equivalent control group design. The students' population of this study was 45 students at the fourth grade. The data collection technique tools used cognitive test. The data analysis technique used t-test pooled varians Hypothesis testing result obtained tcount =3.033 > ttable = 2.021 (α=0.05), the conclusion of this research showed that there was a positif and significant of the cooperative script model application to student result.

 

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative script terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 45 orang peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji t-test pooled varians. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data thitung =3,033 > ttabel = 2,021 (α=0,05), dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar peserta didik.

 

Kata kunci: cooperative script, hasil belajar, model pembelajaran

References

Antasari, Nurul Kartika. 2018. Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. Volume 5 Nomor 1.

Dahlelawati. 2019. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Cooperative Script Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Sungai Alam. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 3 Nomor 1.

Hasnibeti. 2017. Penerapan Model Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Volume 3 Nomor 3.

Hutapea, Benny. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Penerapan Metode Kooperatif Script Siswa Kelas IV SD Negeri 167647 Tebing Tinggi. Jurnal SEJ (School Education Journal). Volume 8 Nomor 3

Panjaitan, Martiana. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS di Kelas III SDN 106162 Medan Estate. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora. Volume 8 Nomor 1.

Salamiah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Volume 1 Nomor 1.

Setiawan, Rian. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Fkip UNS Volume 5 Nomor 1.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadia Media.

Tampubolon, Srikandi Setia Ningsih. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dengan Bantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IVC SD Negeri 188 Pekanbaru. Jurnal FKIP Universitas Riau. Volume 5 Nomor 5.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Utomo, Diyan Wahyu Putra. 2018. Pengaruh Model Cooperative Script Dengan di Dukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Pencegahan Bencana Alam Siswa KelasIV SDN Srengat 03 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal PGSD. Volume 2 Nomor 8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.