Hubungan Perhatian Guru dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar

Hanifa Billi Rosa, Siswantoro Siswantoro, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purpose of this research was to determine the positive and significant relationship between teacher attention and independence of learning together with the learning outcomes theme 6 subtheme 3 of the fifth grade students of SD Negeri 2 Metro Selatan. This type of research is quantitative research. The research method is ex-postfacto change.The data collection techniques were done by: observation, questionnaire, and documentation study. Data analysis techniques used product moment and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant research between teacher attention and independence of learning together with student learning outcomes, were collected with a correlation coefficient of 0.692 according to a strong level.

 

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar tema 6 subtema 3 peserta didik kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang dipilih yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitianmenunjukkanterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik, dengan hasil koefisien kolerasi sebesar 0,692 berada pada taraf kuat.

 

Kata kunci: hasil belajar, kemandirian belajar, dan perhatian guru

References

Abriyani Riyana. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 04 Tegalgede Tahun Pelajaran 2011/2012.Semarang. Universitas Surakarta. 2: 89-102

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2015. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aliyyah, RR. 2017. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Bandung: Universitas Djuanda. 2: 126-143

Ayu, Eka Rahma. 2017. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar Siswa. Lampung: Universitas Lampung. 4: 41-53

Dahuli, Sinar. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Perhatian Guru terhadap Minat Belajar Siswa SDN 33 Sossok Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Universitas Negeri Makassar. 1: 56-73

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djamarah, Saiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumhur, I dan Moh. Surya. 2008. Bimbingan dan Penyuluhan Konseling di Sekolah. Bandung: Rineka Cipta.

Fajriyah, Agustin. 2012. Pengaruh Perhatian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mi Arrosyad Bergaslor Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Semarang: STAIN Salatiga. 3: 67-78

Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovativ, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Imran. 2010. Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Lau, Matty. 2009.Understanding The Dynamics Of Teacher Attention: Case Studies Of How Primary School Physics And Physical Science Teachers Attend To Student Ideas. Maryland. University of Maryland. 1: 78-98

Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, Desi. 2016.Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SdNegeri Purwoyoso 06 Semarangi. Semarang: Unnes. 1: 43-56

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syakieb, Rafika. 2017. Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. 1: 115-123

Tasaik, HL. 2018. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi. Bandung. UPI Press. 1: 45-55

Tim Penyusun 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Winarni, Sudati. 2014. Pengaruh Perhatian Guru, Motivasi Belajar, dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. 1: 42-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.