Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika

Teresia Olivia Oennus, Erni Erni, Ramadhan Kurnia Habibie

Abstract

The purpose of this research is to know the impact of the application of learning model example non example on the result of mathematics learning on 5th grade students of SD Negeri 1 Gedong Air Bandar Lampung. Type of research that is used by the researchist is the quantitative analysis. The method is quasi experiment method, in the form of nonequivalent control group design. By using the nonprobability sampling, which the subject is all the students on 5th grade as much as 49 students. The data collecting method is using the test instrument. Data analysis is using uji t’ analysis. According to the data analysis, it can be deducted that there is an impact by applicating the learning model example non example against the result of learning at mathematics lesson on the 2nd semester of 5th grade students of SD Negeri 1 Gedong Air Bandar Lampung, academic year 2018-2019.

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling, dengan subjek penelitian semua peserta didik kelas V, sebanyak 49 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Analisis data menggunakan uji t’. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika semester II peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gedong Air Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018-2019.

Kata kunci : hasil belajar, model example non example, pembelajaran matematika.

References

Apriani, et al. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Example Non Example. Sumedang: IKIP PGRI.

Astuty, Nurul. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Argamakmur. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Dwi, Kadek. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal. Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/10892/6969. Diakses pada 8 April 2019.

Fadilla. 2016. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example pada Siswa Kelas IV SDN Bumi Asri. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Skripsi. https://www.digilib.unila.ac.id/2556/2/.html. Diakses pada 19 Desember 2019.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Iru. 2012. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

Jihad, Asep, dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Rochyandi, Yadi. 2004. Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.