Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ni Kadek Dwiyantari, Suwarjo Suwarjo, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The purpose of this research was to investigate the positive and significan influence snowball throwing type of cooperative learning to the learning result student of theme 7 subtheme 2 of fourth grade at SD Negeri 10 East Metro. The kind of the this was quasi experimental research with non-equivalent control group design. The data of this study were obtained from the pretest and posttest. The experimental class N-Gain value is 0.70 while the control class N-Gain value is 0.01.The results of hypothesis testing using the t-test formula obtained tcount  =3.836 > ttable = 2.021 (α = 0.05), this means that there is a positive and significant influence on the type of snowball throwing cooperative learning on the learning outcomes of students theme 7 subtheme 2 learning fourth grade SD Negeri 10 East Metro.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, desain penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain Non-Equivalent Control Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil nilai N-Gain kelas eksperimen 0,70 sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol 0,01. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung =3,836 > ttabel = 2,021 (α = 0,05), artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar peserta didik tema 7 subtema 2 pembelajaran 4 kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Kooperatif, Snowball Throwing

References

Abdul, Jalil. 2018. Pengaruh Pengunaan Model Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas V di Sekolah Dasar. FKIP Untan Pontianak.

Arif. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik. Universitas Negeri Surabaya Volume 06 Nomor 03.

Ciputra. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Dengan Model Snowball Throwing Siswa Kelas IV SDN Tanjung. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Volume 06 Nomor 02.

Efendi. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Subtema Jenis-jenis Pekerjaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya Volume 03 Nomor 02.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Munawarah. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon Volume 3 Nomor 2.

Muafifah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Satuan Ukur Siswa Kelas IV Disekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya Volume 03 Nomor 02.

Noviyanti. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. FKIP. Universitas Pendidikan Ganesa Singaraja Volume 5 Nomor 2.

Putri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV. FKIP Unila.

Rahmawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Tema Kerajinan Tangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya Volume 06 Nomor 02.

Saputra, Syifa. 2018. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Daur Hidup Hewan. FKIP. Universitas Almuslim Volume 10 Nomor 1.

Sisdiknas. 2015. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Bandung: Fokus Media.

Rosidah. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Universitas Majalengka Volume 03 Nomor 02.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitiam Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.