Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini ialaheksperimen dengan desain penelitian yaitunonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 peserta didik.Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel 48 peserta didik.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan pada penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar peserta didik denganthitung3,944> ttabel 2,021 (dengan α=0,05).
Kata kunci: model pembelajaran, project based learning, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, Ni Komang. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugug 2 Kecamatan Rendang. Vol. 4. No. 1.
Depdiknas. 2013. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, Ni Pt. Chyntia. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. Vol. 5. No.2
Fitri, Hikmatul. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Vol. 3. No. 2.
Himmah, Faiqotul. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Punggul 1 Gedangan Sidoarjo. Vol 5. No 3.
Kristanti, Yulita Dyah. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Vol. 5. No. 2.
Martini, Sri. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 45 Pontianak Kota. Vol. 3. No. 2.
Nugraha, Abdi Rizka. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD. Vol. 6. No. 4.1.
Rati, Ni Wayan. 2017. Model Pembelajran Berbasis Proyek Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Vol. 6. No.1
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Suarni, Ni Ketut. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kuta. Vol. 4.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widyastuti, Ira. 2016. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV SD. Vol. 3. No. 3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.