Hubungan Pemanfaatan Media Visual Dengan Hasil Belajar Kelas V SD Negeri

Martina Martina, Maman Surahman, Pramita Sylvia Dewi

Abstract

The problem of this research is the lack of learning outcomes. The purpose of this research is to find out the relationship between the utilization of visual media and thematic learning outcomes. The research method used is the coleration and the data used is quantitative data. The population in this study is all learners of the fifth grade of Elementary School Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang with 54 students. Sampling techniques is purposive sampling. A free variable is the utilization of visual media (X) while the variable is the learning result (Y). Data suspension using test sheets and documentation. The results of data analysis techniques that use nonparametric statistics with the formula Spearman rank showed that there is a relationship between the use of visual media and the results of learning of fifth grade students of SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang.

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media visual dengan hasil belajar tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah kolerasi dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel bebas adalah pemanfaatan media visual (X) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Penggumpulan data menggunakan lembar tes dan dokumentasi. Hasil teknik analisis data yang menggunakan statistik non parametris dengan rumus rank spearman menunjukan bahwa terdapat hubungan pemanfaatan media visual dengan hasil belajar kelas V SD Negeri Cakat Raya Menggala Timur Tulang Bawang.

 

Kata kunci: hasil belajar, pemanfaatan media visual

References

Arikunto, Suharimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badruzaman, et al. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peta. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Buchoril, Achmad & Setyawati, Rina Dwi. 2015. Development Lerning Model Of Charactereducation Through E-Conic In Elementary School. International Journal of Education and Research. 3:9:369-386.

Buckingham, D. 2008. Media Education: Literacy, Learning and Contemporary Culture. International Journal of Humanities and Social Science. 2:8:150-158.

Chan, Keith, Bryan, Ding, & Kenneth, Mroczek. 2011. Acute and Chronic Lateral Ankle Instability in the Athlete. Bulletin of the NYU Hospital for Joint Diseases. 69:1:17-26.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.

Jatmika, Maya, Herka. 2005. Pemanfaatan Media Visual Dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan jasmani indonesia. 3:1:89-99.

Kurniawan, Otong, & Novita, Eddy. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan pengetahuan. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:2:389-396.

Murfiah, Uum. 2017. Model pembelajaran Tepadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar. 1:5:57-69.

Muson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8:2:1-10.

Perry, Michelle, Jessica, Marie. 2013. Effects of Visual Media on Achievement and Attitude in a Secondary Biology Classroom. (reseach). Ohio: Ohio University.

Silegar, Junita, Sari, Risna.2014. Hubungan Pemanfaatan Media Visual Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 200103 Kota Padangsidimpuan. (Skripsi) Medan: Universitas Medan.

Soebroto. 2009. Pengaruh Media Visual Di Ruang Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3:400-404.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.

Zhang, Li. 2006. Effectively incorporating instructional media into web-based information literacy. The Electronic Library. Vol. 24:3:294 – 306.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.