Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD
Abstract
The purpose of this research was to analyze and to find out the significant correlation between the learning motivation and the learning result of fourth grade students of primary school. The type of research is quantitative research. The method of research is ex-post facto correlation. The sample of this study was 40 students. The data collection techaiques used are observation, questionnaire, and documentation. The instrument of data collection was a questionnaire with the likert scale, that have been tasted for the validity and reliability. Analysis data technique is correlation product moment. The result of this study indicates that there were significant the correlation between the learning motivation and the learning result student of fourth grade primary school students.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Sampel penelitian ini berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD.
Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fauziah, Amni. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD: Vol. 4 No. 1.
Fitriana, Eva. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN di Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Blado Batang.
Hajar, Ibnu. (2013). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Novianto, Anwar. (2012). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Bantul Manunggal Tahun Ajaran 2012.
Rehman, Asifa. (2013). The Impact Of Motivation On Learning Of Secondary School Students In Karachi. Jurnal Educational Research International: Vol. 2 No. 2.
Sari, Rachmawati. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD Negeri 11 Petang Jakarta Timur. Jurnal Pedagogik: Vol. II No. 1.
Ulandari, Sri Susandi. (2014). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Gane-sha Jurusan PGSD: Vol. 2 No. 1.
Ulfa, Khalida Rozana. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Melayu 2 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan: Vol. 1 No.8.
Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tim Penyusun. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sisdiknas.
Wuryan, Dewi. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI di MI Darusalam Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014.
Yuliany, Nur. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SDN Emmy Saelan Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam: Vol. 5 No. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.