Hubungan Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Gaya Mengajar dengan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan hasil belajar, gaya mengajar pendidik dengan hasil belajar, keterampilan mengajar kelompok kecil dengan gaya mengajar pendidik, serta keterampilan mengajar kelompok kecil dan gaya mengajar pendidik dengan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 1 Pugung Raharjo. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert yang diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan hasil belajar, gaya mengajar pendidik dengan hasil belajar, keterampilan mengajar kelompok kecil dengan gaya mengajar pendidik, serta keterampilan mengajar kelompok kecil dan gaya mengajar pendidik dengan hasil belajar.
Kata kunci: gaya mengajar, keterampilan mengajar, matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariani, Trisna. (2016). Gaya Mengajar Guru Kelas V Di SD Negeri Sayidan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 16 PP 1.572-1.583.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Posedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Djamarah, Saiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Firmansyah, Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, Vol, 3 no, 1 PP 34-44.
Hikmawati. (2012). Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa di Kelas V SDN 51 Lambari. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol. II no, 1 PP 44-53.
Irviana, Ira. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Journal of EST, Vol, 2 No, 1 PP 56-70.
Muncarno. (2017). Statistik Pendidikan. Lampung: Arthawarna (Hamim Group). 96 hlm.
Nurfadilah, Siti. (2016). Korelasi Gaya Mengajar Guru dengan Kepercayaan Diri Guru SD Ma’arif Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jawa Timur: STAIN Ponorogo.
Saputra, Bayu. (2017). Duduki Peringkat 27, Lampung Jeblok Masalah Pendidikan. Lampung: Tribun Lampung.
Setianingrum, Dwi. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Pendidik terhadap Prestasi Belajar IPA di MI Ma’arif NU Sanguwatang Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga. Jawa Tengah: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Srinovianti. (2016). Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD di Desa Sigompulon Kec. Pahae Julu Kab. Tapanuli Utara. Sumatera Utara: Universitas Negeri Medan.
Tim Penyusun. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20. Depdiknas. Jakarta.https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf Diakses pada tanggal 5 Mei 2019 pukul 21:15 WIB.
Wahyuni, Lisa. (2015). Hubungan Keterampilan Mengajar Pendidik dengan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Segugus I Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Yohanes, Feri. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom dalam Menyelesaikan Soal Keliling dan Luas Segitiga bagi Siswa Kelas VIII. JMP Online, Vol, 2 No, 1 PP 23-25.
Refbacks
- There are currently no refbacks.