Hubungan Kebiasaan Belajar dan Pemberian Reward dengan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD

Liling Desi Kusmara, Sarengat Sarengat, Rapani Rapani

Abstract

The purpose of this study was to determine the positive and significant relationship between learning habits and thematic learning outcomes, giving rewards with thematic learning outcomes, learning habits by giving rewards, and learning habits and giving rewards together with thematic learning outcomes. This type of research is ex-postfacto correlation. The population is 97 students and the research sample is 97 students. Data collection techniques were carried out namely observation, interviews, questionnaires (questionnaires), and study documentation. The instrument of data collection is a questionnaire with a Likert scale, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis used is product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship learning habits and learning outcomes, giving rewards with thematic learning outcomes, learning habits with giving rewards, and study habits and giving rewards together with thematic learning outcomes.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar tematik, pemberian reward dengan hasil belajar tematik, kebiasaan belajar dengan pemberian reward, serta kebiasaan belajar dan pemberian reward secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 97 siswa dan sampel penelitian berjumlah 97 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar tematik, pemberian reward dengan hasil belajar tematik, kebiasaan belajar dengan pemberian reward, dan kebiasaan belajar dan pemberian reward secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik.

 

Kata kunci: kebiasaan belajar, reward, hasil belajar tematik.

References

Aina, Iffa Qorri. 2017. Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1, pp 1-13.

Anjani, Fera Kiki. 2018. Hubungan Pemberian Reward dan Punishment Guru dengan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1, pp 1-14.

BSNP. 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta. 382 hlm.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta. 138 hlm.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Rineka Cipta. Jakarta. 468 hlm.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Jakarta. 252 hlm.

Pidada, Anna Fatchiyatuz. 2017. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Swasta Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1, pp 1-12.

Rahmawati, Fitria. 2014. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 1, pp 1-11.

Rosyida, Fatiya. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol. 21, No. 2, pp. 17-28.

Saad, Asril. 2017. Hubungan antara Pemberian Reward dengan Kinerja Guru di SD Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 1, No. 1, pp 91-98.

Saputra, Alfredo. 2016. Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Kelas Hasil Belajar Siswa V SD Se-Kecamatan Tampan. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 1, pp 1-12.

Siswati. 2016. Hubungan Pemberian Reward dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V Gugus 1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1, pp 1-11.

Zakiyah, Anna Fatchiyatuz. 2016. Hubungan antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu. Jurnal Pendidikan. Vol. 1, No. 1, pp 1-14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.