Hubungan Interaksi Sosial dan Motivasi belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD

Siti Fatimah, Muncarno Muncarno, Sarengat Sarengat

Abstract

The purpose of this research was to investigate a positive and significant correlation of social interaction between students with thematic learning result, learning motivation with thematic learning result, social interactions between students with learning motivation, and social interaction between students and learning motivation together with thematic learning result. This type of research is ex-postfacto correlation. The technique of collecting data  were observation, interview, documentation study, and questionnaire. The instrument used is questionnaires using a Likert scale which previously tested the validity and reliability. The data were analyzed by using of product moment and multiple correlation. The results showed there was a positive and significant correlation of social interaction between participants with thematic learning result, learning motivation with thematic learning result, social interactions between students with learning motivation, and social interaction between students and learning motivation together with thematic learning result.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang  positif dan signifikan antara:  interaksi sosial antar peserta didik dengan hasil belajar tematik, motivasi belajar dengan hasil belajar tematik, interaksi sosial antar peserta didik dengan motivasi belajar, serta interaksi sosial antar peserta didik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik.  Jenis penelitian ex˗ postfacto korelasiTeknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara,  studi dokumentasi, dan kuesioner.  Instrumen pengumpul data berupa angket dengan menggunakan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas serta menggunakan analisis data korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: interaksi sosial antar peserta dengan hasil belajar tematik,  motivasi belajar dengan hasil belajar tematik, interaksi sosial antar peserta didik dengan motivasi belajar, serta interaksi sosial antar peserta didik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik.  

Kata kunci: interaksi sosial, motivasi, hasil belajar tematik.

References

Aprihastanto, Afandi. 2013. Hubungan Antara Interaksi Sosial dalam Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 1, No. 2. pp 1-13.

Barona, Cucut Satria. 2017. Hubungan Interaksi Sosial Pelajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Juli Kabupaten Bireuen. Jurnal sain Ekonomi dan Edukasi.Vol. 5, No. 2, pp 1-5.

Djumali. 2013. Landasan Pendidikan. Jakarta: UMS Press.

Fernanda, Mistio Mesa. 2012. Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling.Vol. 1, No. 5, pp 1-7.

Mochamad. 2017. Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar. Simki-Pedagogia. Vol. 02, No. 04, pp 1-7.

Pahenra. 2017. Hubungan Pola Interaksi Sosial dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol.17, No.1, pp 64-80.

Rahmawati, Intan. 2015. Korelasi Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sambi Boyolali.http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/855/772

Rahmawati, Ika. 2016. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinyo 01 Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/3860/1/12140101.pdf

Ulfah, Khalida Rozana. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.Vol 1, No. 8, pp. 1607-1611.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.