Hubungan Interaksi Sosial dan Motivasi belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: interaksi sosial antar peserta didik dengan hasil belajar tematik, motivasi belajar dengan hasil belajar tematik, interaksi sosial antar peserta didik dengan motivasi belajar, serta interaksi sosial antar peserta didik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian ex˗ postfacto korelasiTeknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan kuesioner. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan menggunakan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas serta menggunakan analisis data korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: interaksi sosial antar peserta dengan hasil belajar tematik, motivasi belajar dengan hasil belajar tematik, interaksi sosial antar peserta didik dengan motivasi belajar, serta interaksi sosial antar peserta didik dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik.
Kata kunci: interaksi sosial, motivasi, hasil belajar tematik.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprihastanto, Afandi. 2013. Hubungan Antara Interaksi Sosial dalam Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 1, No. 2. pp 1-13.
Barona, Cucut Satria. 2017. Hubungan Interaksi Sosial Pelajar terhadap Hasil Belajar Siswa IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Juli Kabupaten Bireuen. Jurnal sain Ekonomi dan Edukasi.Vol. 5, No. 2, pp 1-5.
Djumali. 2013. Landasan Pendidikan. Jakarta: UMS Press.
Fernanda, Mistio Mesa. 2012. Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling.Vol. 1, No. 5, pp 1-7.
Mochamad. 2017. Hubungan Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar. Simki-Pedagogia. Vol. 02, No. 04, pp 1-7.
Pahenra. 2017. Hubungan Pola Interaksi Sosial dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol.17, No.1, pp 64-80.
Rahmawati, Intan. 2015. Korelasi Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sambi Boyolali.http://journal.upgris.ac.id/index.php/malihpeddas/article/view/855/772
Rahmawati, Ika. 2016. Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinyo 01 Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/3860/1/12140101.pdf
Ulfah, Khalida Rozana. 2016. Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.Vol 1, No. 8, pp. 1607-1611.
Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.