Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar

Irsyad Wahyu Irawan, Riswanti Rini, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem of the research is the learners' learning outcomes in the thematic learning is still low. This study aims to determine the effect of using monopoly learning media towards the  result of the students participant of education on thematic learning. The method used in this research is quasi experiment with nonequivalent control group design. This research uses purposive sampling. Data collection techniques in this study used tests and observation sheets of student activities on monopoly learning media. Data analysis using simple the linear regression. The results of data analysis concluded that there was an effect of the use of monopoly learning media on the learners' learning outcomes on thematic learning of the fifth grade at the SD Negeri 2 Tambahrejo.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpuulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik pada media pembelajaran monopoli. Data analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo.

Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran monopoli, pembelajaran tematik

References

Fitriyawany. 2013. Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL XIII, N0 2, 223-239. http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=267296. Diakses pada 30 November 2018. Pukul 15.34 WIB.

Hidayat, A. dan Muhajir. 2015. Pengembangan permainan monopoli sebagai media pembelajaran batik kelas V SD Siti Aminah Surabaya, Jurnal Pendidikan Seni Rupa Vol 3, 218-226. https://anzdoc.com/pengembangan-permainan-monopoli-sebagai-edia-pembelajaran-b.html. Diakses pada 11 November 2018. Pukul 10.20 WIB.

Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Liu, et al. 2009. Impact of Media Richness and Flow on E-lerning Technology Acceptance. Computers & Education Vol .52, 599 - 607. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=2ahUKEwizoYXbuvfeAhWHP48KHae0AFMQFjAAegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fciteseerx.ist.psu.edu%2Fviewdoc%2Fdownload%3Fdoi%3D10.1.1.586.4518%26rep%3Drep1%26type%3Dpdf&usg=AOvVaw0RYWYTLMuHq0jVQb9VNo8D. Diakses pada 11 November 2018. Pukul 20.00 WIB.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Arruz-Media.

Vikagustanti, et al. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. 468 – 475 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/3330. Diakses pada 11 November 2018. Pukul 18.50 WIB.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.