Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ayu Maria Lestari Sihite, Maman Surahman, Sugiman Sugiman

Abstract

The problem in the research is the low of process and the result of study of student of class IV SD 1 Sejahtera Bandar Lampung. This study aims to determine the differences and influence in the application of cooperative model of Student Talking stick type to the results of integrated mathematics of grade IV SD 1 Sejahtera Bandar Lampung. The method of this research is experimental research using the design of quasi-experiment method of non-equivalent control group design. This research use non brobality sampling wity type purposive sampling technique. The instrument tat usetetst and non test. Data were analyzed using simple linier regression.The results of this study obtained the conclusion that there is differences result student mathematics application of cooperative learning model in talking stick student application learning conventional student class IV SD 1 Sejahtera and influence in the application of cooperative model type Talking Stick on the results of mathematics of class IV.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD 1 Sejahtera Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan dan pengaruh penerapan model kooperatif tipe Talking Stick  terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah eksperimen menggunakan rancangan quasi-experimen metode non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan Uji regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional peserta didik kelas IV SD 1 Sejahtera ada pengaruh penerapan model kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar  peserta didik.

 

Kata kunci : hasil belajar model pembelajaran kooperatif, talking stick.

References

Agus Suprijono 2010. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miftahul Huda 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran.

Jakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kurikulum 2013 SD/MI. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.