Model Mutu Pendidikan di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Kota Bandar Lampung

Siti Alina Tazkia, Riswandi Riswandi, Fitria Akhyar

Abstract

This research is aimed to describe and explain the model of quality education. The method used in the research is qualitative descriptive. The resources of the data are the school principal, student representative, the student, and the student guardian. The focus in this study is a descriptive study of the quality model of education, with sub focus of research: (1) definition of education quality, (2) 8 national education standards, (3) the method used by school in ensuring the quality of education, (4) supporting factors and inhibitors of quality implementation. The result of sub focus (1), the definition of quality education is the quality or size of the schools ability to manage the school better; the results of sub focus (2) is the application of eight national education standards, (3) is the school's efforts to ensure the quality of education; the results of sub focus (4) are supporting factors and obstacles to the implementation of quality derived from teachers, students, parents, and infrastructure.

 

Penelitian bertujuan mendeskripsikan model mutu pendidikan. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data secara interaktif dan berkelanjutan. Sumber data: kepala sekolah, wakil kesiswaan, peserta didik dan wali murid. Fokus dalam penelitian ini ialah studi deskriptif model mutu pendidikan dengan sub fokus penelitian: (1) definisi mutu pendidikan, (2) 8 standar nasional pendidikan, (3) aspek mutu pendidikan, (4) faktor pendukung dan penghambat mutu pendidikan. Hasil dari sub fokus (1) mutu pendidikan ialah kualitas atau ukuran kemampuan sekolah dalam mengelola sekolah menjadi lebih baik lagi; hasil sub fokus (2) penerapan pelaksanaan 8 standar nasional pendidikan; hasil sub fokus (3) upaya sekolah menjamin aspek mutu pendidikan; hasil sub fokus (4) faktor pendukung dan penghambat mutu yang berasal dari guru, siswa, orangtua siswa, dan sarana prasarana

Kata kunci: mutu pendidikan, standar nasional pendidikan, aspek mutu pendidikan

References

Barnawi, dan M.Arifin. 2017. Sistem Penjamin Mutu Pendidikan: Teori dan Praktik. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.

Chan, Sam M. dan Prof. Emzir. 2010. Isu-Isu Kritis Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Ghalia Indonesia. Bogor.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Pemerintah RI. 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pemerintah RI. 2005. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Manajement in Education. IRCiSoD. Jogjakarta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada. Jakarta.

Soetjipto dan Kosasih, Raflis. 2004. Profesi Keguruan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Supriadi, Dedi. 2003. Satuan Biaya Pendidikan: Dasar dan Menengah. Rosdakarya. Bandung.

Syafrudin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Grasindo. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.