Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar IPA

Anifa Wasiilati, Riyanto M. Taruna, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract

The main issue of this research was the low achievement of 3th grade students in science subject at SD Negeri 1 Kampungbaru Bandar Lampung academic year 2017/2018. This research was aimed to determine the effect of contextual teaching and learning model towards 3th grade students achievement in science subject. The reserch was  a quasi experiment. The subject of this reseach ws 60 students that devided into two classes. The main instrument that used was test and observation. Data were analyzed using simple linier regression test. The result showed that corelation value (R) was54,1. The amount which determination coefficient (R2) was 0,864. Which mean that free variable influence toward fixed variable as big as 86,4% and the rest was affected by another variable. Based on these result it can be concluded that the contextual teaching and learning model effects the achievement of 3th grade students in science subject at SD Negeri 1 Kampungbaru Bandar Lampung.

 

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kampungbaru Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas III. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Subjek penelitian ini sebanyak 60 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan Uji Regresi Linier sederhana. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi pengaruh (R) adalah sebesar 54,1. Besarnya koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,864 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 86,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain. Berdasarkan hasil tersebut maka diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kampungbaru Bandar Lampung.

Kata kunci: hasil belajar IPA, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning

References

Arnie Fajar. 2009. Portofolio Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Remaja Rosda karya. Bandung.

Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Sagala. 2010. Prestasi Belajar dan Pembelajaran. Cipta Karya: Jakarta.

Hamalik Oemar. 2010. Proses Belujar Hcrigajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Kesuma dkk.2009.Contextual Teaching And Learning. Rekayasa Research and Training. Yogyakarta

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan factor- factor yang mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitalif Kualifalif dan R & D). alfabeta. Bandung.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenada Media Group. Jakarta.

Trianto, 2010.Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Undang-Undang no.20 Tahun 2001 Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.