Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Tematik
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 2 Kemiling Permai. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis Penelitian ini eksperimen dengan metode yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu design nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan adanya pengaruh dalam penerapan model kooperatif tipe pair share terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 2 Kemiling Permai tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: Hasil belajar, think pair share, pembelajaran tematik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alhamdani,M.F.R., Ngatman, & Suyanto, Imam. 2014. Penggunaan Model Think Pair Share dalam peningkatan pembelajaran PKN di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan. Vol 1(4). (Sumber:http://jurnalmahas iswa.unesa.ac.id/index.php/ jurnal-penelitianpgsd/article/view/10580). Diakses pada tanggal 13 juni 15.00 WIB.
Alpusari, Mahmud. ,& Putra, R.A.(2013). The Application Of Cooperative Learning Think Pair Share (TPS) Model To Increase The Process Science Skills In Class IV Elementary School Number 81 Pekanbaru City. Jurnal Internasional, Vol 4 (4). 2805-2808. (https://www.ijsr.net/archive
/v4i4/SUB153806.pd). Diakses paa tanggal 12 juni 2018 pukul 15.45 WIB.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Teori Dan Aplikasi. Jakarta. Refika Aditama.
Kurniasih, Imas & Berlin, Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta. Kata Pena.
Marbun, Rosnita. 2013. Penerapan Model Cooperatif Think Pair Share Untuk
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Panjang. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pada Kurikulum 2013. Jakarta. Permendikbud RI.
Reniastuti, N.W. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Yos Sudarso Denpasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2(1). http://oldpasca.undiksha.ac. idejournal/index.php/jurnal_ pendas/article/view/264.
Santra, Putu., Wibawa, I.M.C., & Rati, N.W. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 8 Kubutambahan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Undiksha, 1(4). 307-315. (Sumber: https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/12962
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sujarwo. 2011. Model-model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta. Venus Gold Press.
Suraya, Linna.,Subagia,I.W.,& Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Cooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis. Jurnal Progam Studi IPA. Vol. 3 No.1. http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_ip a/article/view/1105.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.