Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar IPS

Milla Martha Febrilla, Sowiyah Sowiyah, Muncarno Muncarno

Abstract

The problem in this research is the low of social science study result of grade V students of Public Elementary School 1 Sribasuki. The aims to determine the effect of a positive and positive on the application of learning problem posing model of social science learning outcomes. This research uses quantitative research methods and experimental research with Non-Equivalent Group Design research design. Technique of data collecting is done by using test to know result of study and questionnaire to measure effectiveness effect of problem posing model. The results showed that there is a significant and positive influence on the application of learning problem posing model of learning outcomes. Hypothesis testing using the formula obtained t-test data of 2.16 while the ttable of 2.021, the comparison shows (2.16> 2.021) means Ha accepted. This means that there is influence in the application of learning problem posing model to learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Sribasuki. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalent Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes mengetahui hasil belajar dan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh model problem posing. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar. Pengujian hipotesis menggunakan rumus diperoleh data uji-t sebesar 2,16 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukan (2,16 > 2,021) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar.

Kata kunci: problem posing, hasil belajar, IPS.

References

Brahim, Theresia, K. 2015. Pengetahuan Tentang Kurikulum Bagi Mahasiswa SD. Jakarta. Peduli Bangsa.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Kemendiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Kilic, Cigdem. 2017. A new problem-posing approach based on problem-solving strategy: Analyzing pre-service primary school teachers’ performance. Turki. Educational Sciences. Jurnal Pendidikan Internasional. Istanbul Medeniyet University. Istanbul. Diakses 11 Januari 2018 Pukul 22.00 WIB. (https://search.ebsco.com/).

Permana, Indra, Arie, Putu I. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan. Bali. Universitas Pendidikan Ganesa. Diakses 17 November 2017 Pukul 07.26 WIB. (https://scholar.google.com/).

Puspitasari, Lilik. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing. Jawa Timur. Jurnal Pendidikan. IAIN Tulung Agung. Diakses 17 November 2017 Pukul 07.30 WIB. (https://scholar.google.com/).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.

Thobroni, Muhammad, Arif Mustofa. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

________. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

_________. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Zarkasyi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta. Rineka Cipta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.