Hubungan Persepsi Siswa tentang Intensitas Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar

Silvia Neli Pita Patmi, Nelly Astuti, Muncarno Muncarno

Abstract

The purpose of this research was to know how relation of student’s perception about intencity of parent’s attention with social sciences learning achievement. The method of this research is expostfacto corelational and the type of research is corellation. The instrument of data collection is used by questionnaire and documentation. The technique of data analysis is corelation product moment. Based on the hypothesis testing used t-test formula obtained that tratio =3,34 > ttable = 1,98. It’s indicating that significance and Ha accepted. There is a positive and significant relation of student’s perception about intensity of parent’s attention with learning achievement.

 

Tujuan dari penelitian ini adlaah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian ini adalah Ekspostfacto Correllational dengan jenis penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,34 > 1,98 yang menandakan bahwa tingkat kebermaknaannya signifikan dan Ha dinyatakan diterima. Terdapat hubungan yang positi dan signifikan antara persepsi siswa  tentang intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa.

 

Kata kunci : prestasi belajar, IPS, perhatian orang tua.

References

Anggraeni, Rennisa. 2015. Hubungan Perepsi Perhatian Orang Tua dan Kedisplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa. Diakses dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/604. diakses pada 6 Maret Pukul 05.23 WIB.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Bangun, Darwin. 2008. Hubungan Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar dengan Prestasi Belajar. Diakses dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/604/461. diakses pada 6 Maret 2018 Pukul 05.58 WIB.

Dwija, I Wayan. 2008. Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Perhatian Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa. Diakses dalam https://ejournal.undiksa.ac.id/index.php/JPP/article/view/1977/1274. Diakses pada 5 Maret 21.46 WIB.

Fan, Xitao and Michael Chen. 2008. Parental Involvement and Student’s Achivement: A Meta-Analysis. Diakses dalam http://www.jstor. org/stable/...ID. Diakses pada 3 Maret 2018.

Hamalik. Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara.

Hamdu, Ghulam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPA di SD. Diakses dalam http://s3.amazonaws. com/academia.edu.documents/3596572/8_ghulam_hamdu1.pdf?. Diakses pada 1 Maret 2018 Pukul 12.52 WIB.

Herawati, Immaculata dan Yuli Widiastuto. 2012. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Diakses dalam https://media.neliti.com /media/publications/92406-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi.pdf. Diakses pada 10 Oktober 2017 Pukul 14. 10 WIB.

Karsidi, Ravic. 2013. Parent Involvement On Scholl Committees As Social Capital To Improve Student Achievement. Diakses dalam ehe.pitt.edu/ojs/index.php/ehe/article/view/81/65. Diakses pada 6 Maret 2018 Pada 06.15 WIB.

Khafid. M. 2007. Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Diakses dalam http://www.journal. unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/447. Diakses pada 5 Maret 2018 Pukul 20.45 WIB.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Nugroho, Janu. 2016. Hubungan Persepsi terhadap Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pleret Lor Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Diakses dalam http://eprints. uny.ac.id/31944/1/Janu%20 Nugroho.pdf. Diakses pada 10 Oktober 2017 Pukul 13.47 WIB.

Nur, M. Awal. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar. Diakses dalam jurnal. iainambon.ac.id/index.php/INT/articleview/288/221. Diakses pada 6 Maret 2018 Pukul 12.05 WIB.

Paputungan, Kartika. 2015. Kurangnya Perhatian Orang Tua terhadap Pendidikan Anak. Diakses dalam https://www.kompasiana. com/ kartikapapu tungan/ kurangnya perhatian-orang-tua-terhadap-pendidikan-anak564a6a9b 757 a6109052 640f2. Diakses pada 1 Maret 2018 Pukul 12.04 WIB.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas RI.

Wahyuningsih, Amalia Safitri. 2008. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa. Diakses dalam http://www.academia.edu/download/31517807/skripsipsikologi.docx. Diakses pada 5 Maret 2018 Pukul 21.20 WIB.

Yuzarion. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Diakses dalam https://www.google.co.id/search?q=jurnal+faktor+yang+mempengaruhi+prestasi+belajar&aqs=crome=utf-8. Diakses pada 5 Maret 2018 Pukul 19.26 WIB

Refbacks

  • There are currently no refbacks.