Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
The purpose of this study was to analyze and know the positive and significant influence on the use of inquiry learning model to the natural science learning outcomes of V SD Negeri 4 west metro. This type of research was experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The population in this research amounted to 48 student of grade 5. Technique of collecting data was done by technique of test and questionnaire. The result obtained by t-count data was 2,057 while t-table 2.021. the comparison show that (2,057 > 2,021) means accepted. It means there was a positive and significant influence of the use inquiry learning model to the natural science learning outcomes of V SD Negeri 4 west metro.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 48 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil diperoleh data thitung sebesar 2,057 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukan (2,057 > 2,021) berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat.
Kata kunci: model inkuiri, hasil belajar, IPA,
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andriani. 2011. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran IPA: Malang. UNNES Science Education Journal Vol. 3. No. 1. 35-39.
Apriyanti, Suciningtyas. 2015. Pengaruh Aktivitas Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Inkuiri Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Kampung Baru Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. UNILA, Lampung
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satu-an Pendidikan Dasar dan Me-nengah. Jakarta. BSNP.
Fathurrohman, muhammad. 2015. Moodel-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-ruzz Media.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.
Parleni,Yose Dwi. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Materi IPA di Kelas V SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar Tahun Ajaran 2014/2015. UNILA, Lampung.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 2006. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Prantolo . 2012. Pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA bagi siswa kelas V semester II SD Negeri Manggihan Kecamatan Getasan Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.
Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta. Diva Press.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenada media Group.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.
Taurina, Zane. 2015. Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance System. Red Cross Medical College of Rīga Stradiņš University, Latvia. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). Vol. 5. No. 4. 2625-2630.
Refbacks
- There are currently no refbacks.