Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas IV SD

M. Khairu Rizal, Sasmiati Sasmiati, Fitria Akhyar

Abstract

The problem in this research is the result of study IPA students at class IV SDN 1 Metro Timur is still low. The aim of this research is to find out the influence of model inquiry learning to the students IPA result. The population in this research is all students. There are 42 students from class A dan class B which all of students as sample of research called total sampling. The technique of collecting data is test as primer method and observation as sekunder method and then analysis data used in this research is linier regression test and t-test. The outcomes of this research indicates there is an influence of inquiry learning to the result of students IPA learning. This is evidenced that result of learning IPA of students using inquiry is higher than non-inquiry, indicates used inquiry can help to increase result of students learning IPA.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Timur masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 42 yang terdiri dari kelas A dan B yang sekaligus dijadikan sampel penelitian, sebagai sampel total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes sebagai metode primer dan observasi sebagai metode sekunder, sedangkan analisis data digunakan Uji Regresi Linier dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan bahwa hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri, ini berarti penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPA.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPA, model, inkuiri.

 

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Abdi, A. (2014). The Effect of Inquiry-Based Learning Method on Students’s Academic Achievement in Science Course. Universal journal of educational Research, 2(1), 37-41. Diakses melalui https://eric.ed.gov pada tanggal 1 febuari 2018 pukul 13.00 WIB.

Darmawan, M., Taruna, R. M., & Akhyar, F. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi, 4(5), 1-13. Diakses melalui http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ index.php/pgsd/ article/view/11317 pada tanggal 15 Desember 2017 pukul 13.00 WIB.

Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud.(2013). Permendikbud No. 81 A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud.(2016). Permendikbud No. 21 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Majid, Abdul. (2016). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Sri, Riyadi, & Hartono (2015) Pengaruh Penggunaan Mode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(2), 1 -5. Diakses melalui http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/ view/4134/2924 pada tanggal 15 November 2017 pukul 14.30 WIB.

Sentanu, I. M., Rasana, I. D. P. R., & Kusmariyatni, N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Negeri di Sambirenteng. Jurnal Mimbar PGSD, 1(1), 1-10. Diakses melalui http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1402 pada tanggal 22 Desember 2017 pukul 19.00 WIB.

Soegyarto Mangkuatmodjo. (1997). Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.