Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik

Vika Kesuma Wardani, Herpratiwi Herpratiwi, Riyanto M. Taruna

Abstract

Problems in this study is still low learning outcomes of learners on thematic learning in Primary School 2 Sumberejo Bandar Lampung. This study aims to determine the effect of the use of learning model problem based learning on the learners' thematic learning outcomes. The method used in this research is pre experimental designs, with one group pretest posttest design research design. The result of the analysis shows that there is influence of the use of problem based learning model to the result of thematic learning of the students of class IV in State Elementary School 2 Sumberejo Bandar Lampung.

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental designs, dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Hasil analisis diperoleh terdapat pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberejo Bandar Lampung. 

  

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran problem based learning, pembelajaran tematik. 

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian (suatu pendekatan praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathurrohman. 2016. Model-Model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain

pembelajaran yang menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ngatiatun, S. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap

Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(1). (sumber: https://eprints.uns.ac. id/1 4323/ diunduh pada Kamis, 9 November 2017

pukul 13.22 WIB)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sutirman. 2013. Media dan modelmodel pembelajaran inovatif. Jogjakarta: Graha Ilmu

Warsono & Hariyanto, 2012. Pembelajaram Aktif: Teori dan asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. 2013. Pengaruh problembased learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal

Pendidikan Vokasi, 3(2). (sumber: https://journal.uny.ac.id/i ndex.php/jpv/article/view /1600 diunduh pada Kamis, 9 November 2017

pukul 13.22 WIB)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.