Hubungan antara Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaan Siswa SD
Abstract
The problem in this research is the low of civic education learning achievement. The purpose of this study is to determine the significance of the relationship between learning styles with the achievement of learning Civics students class V SD Negeri 5 Metro Barat. The type of research used is quantitative research with correlational ex-postfacto research method. Population in this research amount to 35 student which also become sample of research. Data collection techniques used are observation, questionnaires and documentation. The results showed that there is a relationship between learning styles with the achievement of learning Civics, the results obtained in the test significance has been done, known Fhitung = 0.78 ≥ Ftabel = 2.35.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar PKn. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kesignifikansian hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-postfacto korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar PKn, hasil yang diperoleh dalam uji signifikansi yang telah dilakukan, diketahui Fhitung = 0,78 ≥ Ftabel = 2,35.
Kata kunci: gaya belajar, PKn, prestasi belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abbas. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education. 2 (1) : 104-113
Alwi, Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta. CV Pendoman Ilmu Jaya.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Jakarta. Depdiknas.
Gunawan, Adi. 2003. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Knisley, Jeff. 2002. A Four-Stage Model of Mathematical Learning.ERIC Journal articles Mathematics Educator. 12 (1) : 11-16.
Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta. Bumi Aksara.
Rijal, Syamsu. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika. 3 (2) :18.
Sari, Kartika. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal Pendidikan dan Informatika. 1 (1) : 19.
Styles, L. 2006. VARK Learning Styles: Visual, Auditory, Read/Write, Kinesthetic Visual Learning Style. VARK Learning Styles. 1 (2) : 10.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, Agus. 2011. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta. Bumi Aksara.
Tanta. 2010. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Program Studi Biologi Umum Program Studi Biologi Universitas Cendrawasih. Jurnal Kependidikan Dasar. 1 (1) : 12.
Wang, L. 2007. Variation in learning styles in a group of Chinese English as a foreign language learners. International Education Journal, Vol. 8 (2): 408-417.
Refbacks
- There are currently no refbacks.