Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu
Abstract
The problem of this research is the students’ result of thematic learning was still low in SD Negeri 3 Sawah Lama. The purpose of this study was to find out the effect of learning model Problem Based Learning toward the outcomes of students’ learning on integrated learning. The method of this was experiment design with quasi experiment as the method. The design of this study used nonequivalent control group design. This study used nonprobabilitys sampling technique, the subject of this study was all of the students in grade IV A and IV B, there werw 60 students. Multiple choice test and observation sheet were use as the instrument for data collecting technique. The analysis used simple linier sederhana. The result shows there is a effect of the Problem Based Learning model implementation to the students’ result of thematic learning at the fourth grade students of SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung academic year 2017/2018
Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 3 sawah lama. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian menggunakan nonprobabillity sampling, dengan subjek penelitian semua peserta didik kelas IV A dan IV B, sebanyak 60 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrument tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar tematik terpadu peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Sawah Lama Tahun Ajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, tematik terpadu.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, N.K.A.S., Jampel, I.N., & Sudarma, I.K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Gugus 2 Kecamatan Rendang. MIMBAR PSD Undiksha,volume 4(2).
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Herman, B. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah dI Kelas IV SDN 163080 Kota Tebing Tinggi. Doctoral dissertation, UNIMED.
Permastya, F. W., & Margiati, K. Y. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, volume 4(9).
Permendikbud. 2014. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013. Jakarta. Permendikbud.
Permendikbud. 2016. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2016 Tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan 2013 . Jakarta. Permendikbud Ri.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta. PT. Rajagrafindo.
-----------. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta. PT. Rajagrafindo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, volume 5(2).
Tillman, Daniel. (2013). Implications Of Problem Based Learning (PBL) In Elementary Schools Upo The K-12 Engineering Educaton Pipeline. The University Of Texas at El Paso (UTEP).
Wau, M. P. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD I Bajawa Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, volume (4), halaman 239-245.
Refbacks
- There are currently no refbacks.