Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Aldino Saputra, Erni Mustakim, Riyanto M. Taruna

Abstract

The problem of this study is the low student learning outcomes. The purpose of this study is to determine the significance of the relationship on learning styles with students' mathematics learning outcomes of fourth grade in SD Negeri 1 Way Laga Bandar Lampung. The research method used is correlational research. The population of this study amounted to 99 students and the sample was taken based on the technique of proportionate simple random sampling that is as many as 33 students. Data collection techniques used questionnaires (questionnaires) and tests. It is started from validity and reliability test. The result showed that there is a significant relationship between learning styles with mathematics learning outcomes of fourth grade students SD Negeri 1 Way Laga Bandar Lampung Lesson 2017/2018.

 

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  kesignifikansi hubungan pada gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Way Laga Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah  99  siswa dan sampel diambil berdasarkan teknik  simple random sampling yaitu sebanyak 33  siswa.  Teknik pengumpulan  data menggunakan kuesioner (angket) dan tes. Diawali uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika siswa  kelas IV SD Negeri 1 Way Laga Bandar Lampung Tahun pelajaran 2017/2018.

 

 

Kata kunci: hasil belajar, hubungan gaya belajar, matematika

References

Damayanti, Lina. 2016. Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN di Gugus Wibisono. Semarang. UNNES.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No.20 Tahun 2003. Jakarta. Depdiknas.

Gufron. 2014. Gaya Belajar. Pustaka Jakarta. Belajar.

Gunawan. 2004. pembelajaran Kontekstual. Bandung. Reflika Aditama.

Hasan. 2007. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta Balai pustaka.

Mulyasa. 20018. Kegiatan Mengajar dan Pembelajaran. Jakarta. Pustaka Belajar.

Putri, widia. 2013. Pengaruh Gaya Belajar pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan Kantor Terhadap Hasil Belajar. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Ramlah. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Karawang. Karawang. SD Negeri 1 Klari.

Rusman. 2012. Pengembangan pembelajaran. Jakarta. Pustaka belajar.

Rusman. 2014. Model Model Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Uno. 2008. Belajar dan Pembelajaran Serta pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta. Rajawali Pers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.