Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Terpadu

Febriana Anggia Putri, Rochmiyati Rocmiyati, Maman Surahman

Abstract

Problem of this research was the low level of students learning outcomes on intergrated learning in SD Negeri 1 South Pringsewu. This research was aimed to determine the effect of implementation Problem Based Learning on student learning outcomes. The method used in this research is quasi experiment method with design non equivalent control group design. This research use non brobality sampling with type purposive sampling technique. The instruments that used are test and non test. Data were analyzed using simpel linier regression. The result of data analysis can be concluded that was effect of implementation Problem Based Learning towords student learning outcomes on integrated learning in class IV SD Negeri 1 South  Pringsewu.

 

 

Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu di SD Negeri 1 Pringsewu Selatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Intrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model  Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan.

 

Kata kunci: hasil belajar, model problem based learning, pembelajaran terpadu.

References

Kurniasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Ningtyas, Utami. 2015. Pengaruh model PBL terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Ilmiah pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Se Gugus 3 Kotagede. Skripsi Yogyakarata. Sumber: http://eprint.uny.id/23607/. diakses pada tanggal 16 November 2107.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kuriklum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Selcuk, G.S. 2010. The Effect of Problem Based Learning On Pre-Service Teachers’ Achivement, Approaches and Attitudes Towards Learning Physial Sciences. International Journal of Physical Sciences. Vol.5(6): 711-723. Sumber: http://www.academicjournals.org/ijps/pdf2010/Jun/Sel%C3%A7uk.pdf.diakses pada tanggal 9 April 2018.

Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP. Press Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.